Pemotor Sering Banget Lakukan Kesalahan Tersebut saat Mencuci Helm

Pemotor Sering Banget Lakukan Kesalahan Tersebut saat Mencuci Helm

Bonus harian di Keluaran SDY 2020 – 2021.

VIVA   – Helm menjadi salah satu perlengkapan masa berkendara, yang wajib dikenakan pemotor maupun pembonceng. Alat ini berfungsi melindungi kepala dari benturan, yang bisa menyebabkan gegar otak ataupun pendarahan di bagian dalam.

Karena perannya yang sangat vital, maka helm harus dikenakan setiap kali berkendara dalam semua kondisi, baik panas maupun hujan. Tak heran, jika peranti itu juga membutuhkan perawatan.

Agar nyaman dikenakan, bagian di helm dibuat dari bahan dengan empuk dan lembut, yakni gabungan antara busa dengan kain. Berbarengan pemakaian, dua bahan tersebut terpapar oleh berbagai macam kotoran, serupa keringat dan air hujan.

Untuk membuatnya kembali bersih, maka bagian dalam helm perlu dicuci. Sebagian mulia model yang dipasarkan saat ini, dibekali dengan busa yang mampu dilepas untuk memudahkan proses penghapusan.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Federaloil , Senin 14 Desember 2020, mencuci helm bisa dilakukan sendiri di rumah. Syarat utamanya, pastikan helm tidak dibutuhkan selama kira-kira jam karena butuh proses pengasinan.

Caranya mudah, lepas semua busa pelan-pelan agar periode penguncinya tidak mudah rusak. Tersedia yang memakai perekat velcro, dan ada juga yang menggunakan cara kancing.

Setelah semua busa dilepas, rendam dalam air hangat yang telah dicampur bahan pembersih. Gunakan deterjen yang lembut dan tidak mengandung kimia keras, agar kain tak cepat rusak.

Sesudah direndam beberapa menit hingga tirta mulai dingin, angkat dan gosok dengan sikat gigi lembut. Tidak perlu digosok memakai kekuatan, sebab kotoran sebelumnya sudah direndam biar mudah rontok.

Sesudah selesai, ada satu hal dengan perlu diingat. Hal ini sering dilakukan para pemilik helm, tetapi tanpa disadari bisa membuat nilai busa jadi menurun, yakni diperas dengan tangan.

Untuk membuang sisa air, kibaskan busa hingga hanya tersisa sedikit tirta di dalamnya. Lalu, jemur dalam udara terbuka tapi tidak terkena matahari langsung. Dalam beberapa jam, busa akan kering dan jadi dipasang.