Pemimpin Jokowi Kirim Menko Luhut untuk Negosiasi dengan Tesla

Pemimpin Jokowi Kirim Menko Luhut untuk Negosiasi dengan Tesla

VIVA   –  Presiden Jokowi dikabarkan mengirim tim istimewa ke Amerika Serikat, untuk mempercakapkan peluang kerja sama dengan pabrikan mobil listrik Tesla. Tim itu dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Teslarati , Selasa 17 November 2020, delegasi tersebut akan bertolak ke AS pada minggu ini. Nantinya, mereka bakal membahas soal kemungkinan Tesla mau berinvestasi di Tanah Air terkait pembuatan baterai kendaraan listrik.

Saat ini, perusahaan  yang didirikan oleh Elon Musk tersebut medium kesulitan mencari bahan baku pembuatan baterai. Tingginya permintaan akan mobil listrik dan kemampuan produksi mereka, tidak sebanding dengan suplai komponennya.

“Pertemuan ini sangat penting, karena awak berencana menjadikan Indonesia sebagai produsen baterai lithium terbesar di dunia, dan kami punya cadangan nikel terbanyak, ” ujar Jokowi.

Sementara itu, Menko Luhut menyampaikan bahwa kunjungannya ke GANDAR adalah bagian dari pengenalan Omnibus Law yang belum lama tersebut disahkan.

Meski enggan berbicara banyak soal Tesla, namun Menko Luhut mengatakan bahwa mulia kemungkinan Tesla mau berinvestasi dalam Indonesia, demi menekan biaya buatan.

Elon Musk sendiri juga pernah menyatakan, bahwa ia sangat terbuka dalam siapa saja yang dapat menyimpan nikel dalam jumlah banyak untuk dipakai sebagai bahan baku pengerjaan baterai.

Namun, lupa satu syarat yang diajukan Elon Musk adalah kegiatan penambangan serta produksi harus dilakukan seefisien jadi, serta tidak merusak lingkungan.

Mengenai lokasi, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian, Taufiek Bawazier belum lama ini sudah mengungkapkan bahwa sudah ada tempat di Batang, Tengah yang bisa dipakai untuk kegiatan tersebut.

Baca juga:   Bergelimang Mobil Mewah, Hotman Paris Ngaku Ingin Hidup Sedang