Hanya Rp5 Ribu, Tanpa Komponen Itu Pemotor Bisa Celaka

Hanya Rp5 Ribu, Tanpa Komponen Itu Pemotor Bisa Celaka

VIVA   –  Setiap komponen pada sepeda motor memiliki fungsi, mulai dari kaca spion hingga lampu. Bahkan, terkadang arah sepele yang sering diremehkan karakter justru memegang peranan penting dalam keselamatan.

Contohnya besi yang ada di ujung setang. Beberapa pemilik motor melepas komponen ini dan menggantinya dengan besi pelindung tuas rem, agar terlihat seperti kuda besi yang dipakai balapan MotoGP.

Real, peranti yang kerap disebut secara nama jalu setang itu berfungsi meredam getaran. Tanpanya, tangan pengendara akan terasa cepat pegal serta kestabilan motor jadi berkurang.

Harga jalu setang memang relatif murah, benda ini bisa dibeli secara online atau di bengkel resmi dengan harga puluhan ribu rupiah.

Ada satu lagi komponen pada sepeda motor, yang pula memegang peran penting pada ketenteraman saat berkendara. Benda ini harganya sangat murah, yakni Rp5 ribu saja.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Wahana Honda, Selasa 10 November 2020, bagian yang dimaksud adalah tutup putik ban.

Pada roda yang masih memakai ban dalam, tutup pentil jalan memiliki warna hitam dan terbuat dari bahan plastik. Sementara di ban tubeless, bentuknya persegi & berwarna krom.

Kegiatan utamanya ada dua, pertama buat mencegah udara di dalam ban keluar. Ketika pentil gagal bekerja akibat menerima tekanan terlalu besar, maka tutup pentil akan memastikan kalau ban tidak langsung kempis.

Selain itu, benda yang juga disebut dengan istilah valve cap ini sangat bermanfaat masa musim hujan, karena melindungi pentil dari air yang bisa menimbulkan karat.

Menyuarakan juga:   Video Menegangkan Pemotor Honda Revo Diteror Truk Trailer