Bersetuju Pasang Defogger di Mobil LCGC, Baca Dulu yang Satu Itu

Bersetuju Pasang Defogger di Mobil LCGC, Baca Dulu yang Satu Itu

VIVA   –  Salah satu fitur yang banyak tersedia di mobil yakni defogger . Fungsinya adalah untuk menghilangkan embun dengan terbentuk di kaca.

Biasanya, fitur ini tersedia di dalam sisi kaca depan dan perempuan. Tapi, peranti yang digunakan serta cara kerjanya berbeda.

Defogger pada kaca depan memakai hawa dari penyejuk kabin, namun kaca belakang memanfaatkan elemen pemarah yang bentuknya garis-garis.

Pada mobil macam low cost green car atau LCGC, fitur pada kaca belakang itu ditiadakan demi efisiensi biaya buatan. Beberapa mobil Honda juga tak dibekali kemampuan tersebut.

Lantas, bisakah memasang sendiri defogger kaca mobil?

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Seva. id, Senin 9 November 2020, peranti tersebut tidak bisa sembrono dipasang.

Selain harus mengubah sistem kelistrikan, jenis kaca yang dipasang dalam mobil juga harus diubah. Pokok, panas yang dihasilkan elemen mau membuat kaca memuai.

Jika memakai kaca bawaan mobil yang tidak dilengkapi defogger, oleh sebab itu risiko pecah bisa saja terjadi akibat tidak cukup ruang di kaca untuk proses pemuaian.

Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosjadi juga pernah mengatakan kejadian yang serupa.

“Secara metode, saya tidak menyarankan penambahan-penambahan dengan sifatnya elektrikal secara mandiri. Karena, risikonya besar, ” ujarnya pada VIVA Otomotif beberapa waktu berarakan.

Menurut Anjar, walaupun secara teori hal itu menguatkan, namun pada praktiknya tidak sudah ada konsumen yang datang untuk memasang fitur tersebut.

“Enggak ada (yang menyediakan). Aftermarket juga enggak ada. Ketika ditempel, enggak seperti stiker, tetap ada proses. Sehingga, saat defogger berfungsi, rambatan panasnya maksimal, ” ungkapnya.

Baca selalu:   Netizen Sebut Ada Arwah Tukang Parkir di Tempat Ini