Banyak Motor Canggih Siap Mengaspal dalam Indonesia, Ini Daftarnya

Banyak Motor Canggih Siap Mengaspal dalam Indonesia, Ini Daftarnya

VIVA   –  Pada setiap tahun, tidak kurang dari lima juta sepeda motor dikirim sebab pabrik ke diler di Indonesia. Angka tersebut kurang lebih lima kali lebih banyak dari kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

Tingginya minat mau kendaraan bermotor roda dua, disambut oleh para pabrikan dengan memper berbagai model dan tipe yang masing-masing memiliki keunggulan. Beragam fitur canggih pun disematkan, untuk memikat minat konsumen.

Baca juga:   Mesin Setengah Miliar Rupiah Kena Razia, Netizen Protes

Adanya kebijakan pemerintah perkara percepatan penggunaan kendaraan listrik, pula ditanggapi oleh para produsen sepeda motor dengan cara menyiapkan kaum model yang ramah lingkungan.

Kepala Seksi Sertifikasi Departemen Perhubungan, Jabo Nur Utip mengatakan bahwa dari data yang dia miliki, tercatat saat ini ada 24 kendaraan bermotor roda dua dengan penggerak energi listrik dengan sudah mendapat Sertifikat Uji Macam atau SUT.

“Sementara, jumlah Sertifikat Registrasi Uji Macam untuk sepeda motor berjumlah satu. 947 unit. Ini kira-kira jumlah populasi sepeda motor listrik, ” ujarnya saat acara webinar dengan digelar oleh Komite Penghapusan Bensin Bertimbel, dikutip VIVA Otomotif Selasa 8 September 2020.

Pada presentasi kemudian, Jabo menunjukkan data sepeda motor listrik yang dibagi berdasarkan tanda dan model. Dari data tersebut, diketahui ada sebanyak 14 merek kuda besi yang sudah mendapat SUT di Indonesia.

Namun, tidak semua sudah menyelenggarakan proses produksi. Data yang diperlihatkan Jabo menunjukkan, bahwa hanya Viar, Gesits, SDR, dan Migo dengan sudah memasarkan produk mereka. Sementara, lainnya baru mendapatkan SUT selalu. Berikut daftar sepeda motor dengan sudah mendapat SUT dan jadi dipasarkan di Indonesia:

Viar V 1 E
Viar V 1 Q
Magnum Legend
Magnum Scoopy
Magnum Tricycle
Honda PCX Electric

SDR MY2500W
Gesits G1
Selis E-Max E
Selis Eagle Prix
Migo Tigris
Niu NGT

Niu N-Lite
Ecgo dua A
United T1800
United G3000
United B1200
Elvindo NY800DQT-10C

Volta 401
Cakra BQ1200DT-2X
Kymco Like EV
Kymco Agility EV
TVS iQube
Electro ML01