Awas, Pakai Rem Tangan Mobil Bahkan Bikin Celaka

Awas, Pakai Rem Tangan Mobil Bahkan Bikin Celaka

VIVA   –  Ada besar rem mobil yang bisa dimanfaatkan pengemudi, yakni di kaki & tangan. Rem kaki dipakai menahan atau memperlambat laju kendaraan masa dikemudikan. Sementara rem tangan, berguna untuk menahan mobil dalam kondisi parkir.

Meski begitu, ada saja pengemudi yang lengah memanfaatkan fungsi rem tangan dalam mobilnya. Rem tangan itu diaktifikan ketika mobil hanya berhenti pendek. Alasannya, agar kaki tak lekas pegal usai dipakai menginjak injak-injak gas dan rem bergantian.

Cara ini, kata Trainer dari Safety Defensive Consultant Nusantara, Sony Susmana kurang tepat. Pokok, pemakain rem tangan bisa menghasilkan pengemudi lengah dengan kondisi yang terjadi atau ada di sekitar lokasinya berhenti.

“Memakai hand brake masa berhenti di lampu merah merupakan keputusan yang kurang tepat. Karena justru membuat Anda jadi invalid waspada dengan kondisi sekitar, ” ujarnya seperti dikutip dari 100KPJ , Senin 28 September 2020.

Menangkap juga: Mobil Ini Sengaja Dipasangi Banyak Plat Nomor, Kok Bisa?

Saat rem tangan diaktifkan, pengemudi kerap memanfaatkan masa kosong untuk bersantai. Hal itu yang sering berkurangnya konsentrasi masa berkendara. Selain itu, rem itu tidak dilengkapi tanda berupa lampu yang menyala di belakang mobil, saat diaktifkan.

Jika sudah begitu, pengguna jalan lainnya bisa salah sangka, dan berisiko menyebabkan kecelakaan serupa mobil ditabrak atau bersenggolan dibanding belakang.

“Harus lestari fokus dengan menginjak pedal rem, agar lampu belakang menyala serta pengendara di belakang tahu (kondisi mobil yang ada di depannya, ” katanya.