Angkut Sepeda di Dalam Kabin Mobil, Begini Triknya Biar Aman

Angkut Sepeda di Dalam Kabin Mobil, Begini Triknya Biar Aman

VIVA   – Bersepeda kini menjadi kegiatan yang dilakukan oleh kelompok di Indonesia, terutama di kota-kota besar. Sebelum melakukan aktivitas gerak ini, tak sedikit warga yang membawa sepedanya ke titik rangkai tertentu memakai mobilnya.

Bagi pengguna sepeda lipat, tentu saja membawanya bukanlah sesuatu yang sulit. Dimensinya yang kecil, melaksanakan jenis ini bisa diangkut di bagasi kendaraan jenis sedan, maupun memanfaatkan kabin mobil keluarga ataupun sport utility vehicle (SUV).

Lantas, bagaimana posisi yang pas saat mengangkut jenis sepeda road bike ? Apalagi,   jenis sepeda tersebut memiliki label harga yang bisa menyentuh puluhan juta rupiah. Pembalap dengan juga pakar safety driving, Rifat Sungkar mengatakan, meski dimensinya tergolong besar tetap bisa diupayakan supaya sepeda bisa  masuk ke dalam kabin MPV maupun SUV.

“Caranya jalan belakang masuk terlebih dahulu. Seandainya sepeda ingin ditidurkan, bagian crank kudu di bagian atas, jangan sampai tertindih oleh frame sepeda itu tunggal, ” ujarnya dalam keterangan formal yang dikutip VIVA Otomotif, Kamis 13 Agustus 2020.

Baca juga:   Mobil Penguasa dan Kaum Kaya RI Tersebut, Bakal Ada Versi Spesialnya

Pria yang juga dipercaya sebagai Brand Ambassador mobil merek Mitsubishi Motors itu mencontohkan, bila ingin memasukan sepeda jenis road bike memakai mobil Xpander, maka mampu dilakukan secara langsung. Untuk mengangkutnya memakai SUV Pajero Sport, maka harus melipat kursi baris ke-2 dan ketiga.

“Untuk masuk ke dalam kabin Xpander sepeda road bike secara posisi berdiri bisa masuk dengan mudah. Kalau di Pajero Sport bisa juga, asal jok roda diatur dulu ketinggiannya, karena atapnya lebih mobil ini lebih kecil, ” papar Rifat.

Dia mengatakan, buat mengangkut sepeda di luar pribadi sebenarnya bisa saja dilakukan. Walaupun demikian, cara ini memiliki risiko tinggi jika dilakukan dalam suasana lalu lintas di Tanah Air, terutama di kota-kota besar yang kerap mengalami kemacetan.

“Bisa saja bawa sepedanya di atas, atau di bagian perempuan mobil dengan rak khusus sepeda. Tapi, agak riskan untuk perihal jalanan di Indonesia karena hambatannya banyak, ” paparnya.