2, 2 Juta Mobil Daihatsu Hijet Masih Berseliewaran di Jalan

2, 2 Juta Mobil Daihatsu Hijet Masih Berseliewaran di Jalan

Info seputar HK Prize 2020 – 2021.

VIVA   –  Mobil Hijet bukan hanya menjelma saksi sejarah perjalanan merek Daihatsu di Tanah Air, tetapi tujuan hubungan bilateral Indonesia dan Jepang. Sebab, produk ini yang menjadi bantuan Pemerintah di Negeri Sakura ketika terjadi letusan Gunung Merapi pada 15 April 1972.

Saat bencana itu berlaku, mobil tersebut dipakai untuk metode evakuasi. Produk otomotif Jepang tersebut pula yang akhirnya dijual formal oleh Daihatsu untuk masyarakat Indonesia pada tahun 1973. Modelnya merupakan Hijet S38, dan bisa bertahan hingga 1978.

Lalu, Daihatsu meluncurkan produk Hijet 55 untuk mengakomodasi kebutuhan konsumen dalam negeri. Kendaraan ini sangat beken di zamannya, sebab memiliki dimensi lebih besar dan bisa mengangkut beban hingga 350 kilogram dalam perjalanan.

Kini, Daihatsu Hijet tak teristimewa dijual dalam kondisi baru di Indonesia. Meski demikian, di negeri asalnya mobil ini tetap digemari. Mobil yang masuk kategori K-Car (Kei Car) tersebut, bahkan sudah mencapai usia 60 tahun di pasar otomotif pada November 2020.  

Dalam petunjuk resmi Daihatsu yang dikutip VIVA Otomotif , Selasa 8 Desember 2020, jika dihitung secara akumulatif sejak generasi mula-mula diluncurkan hingga September 2020, Hijet telah diproduksi lebih dari tujuh, 4 juta unit.

Menariknya, sebanyak 2, 2 juta unit masih menemani aktivitas pemiliknya hingga saat ini. Artinya, produk legendaris Daihatsu tersebut memang bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan para pelanggannya.

Dimensi mungil mobil Daihatsu Hijet, membuatnya tetap lincah ketika dimanfaatkan dalam berbisnis sehari-hari, mulai sejak bermanuver di kondisi jalanan yang sempit di area pedesaan, tenggat menyusup di gang-gang kecil perkotaan.

Baca juga: Ternyata Ganti Setir Mobil dengan Buatan Aftermarket Banyak Risikonya.